Jumat, 11 Mei 2012

Akhirnya Bengkulu Punya Layanan Peti Kemas

TEMPO.CO, Bengkulu – PT Pelindo II cabang Bengkulu kemarin mendatangkan peti kemas pertama untuk bongkar muat di Pelabuhan Pulau Baai Bengkulu. Layanan ini diharapkan dapat menambah nilai ekonomi masyarakat Bengkulu.

General Manager PT Pelindo II Ade Hartono mengatakan kapal peti kemas memiliki panjang 115 meter yang dapat memuat 86 boks ukuran 20 feet (6,09 meter) itu membawa satu unit alat top floder. “Sebagian besar masih diisi semen dan barang kelontong lainnya,” kata Ade, Kamis, 10 Mei 2012.

Rencananya, kapal peti kemas melayani setiap sepekan sekali dengan rute Bengkulu – Jakarta. Kapasitas kapal masih sebatas bongkar dan belum muat. Layanan muat, direncanakan beroperasi pekan mendatang. Menurut Ade, manfaat peti kemas bagi Bengkulu sangat banyak karena dapat menghemat biaya angkut antar pulau.

Ia mencontohkan satu peti kemas mampu membawa barang hingga 30 ton. Jauh lebih banyak ketimbang alat pengangkutan biasa yang maksimal hanya 15 sampai 20 ton. Dalam satu jam bisa sampai 8 boks dan kalau isi semua bisa 100 ton selama selama satu jam. "Kalau produksi meningkat harganya bisa lebih murah itu yang kita harapkan,” kata Ade.

Ade menguraikan, kapal peti kemas bisa mengangkut berbagai macam barang seperti kelontong, pakaian, semen, dan alat berat lainya.

Plt Gubernur Bengkulu Junaidi Hamzah berharap layanan peti kemas bisa mempengaruhi harga barang di Bengkulu. "Sehingga jika dulu kami terpaksa membeli barang dengan harga tinggi karena tingginya biaya angkut, mulai sekarang dapat diminimalisir," katanya saat dijumpai di tempat terpisah.

PHESI ESTER JULIKAWATI

Read more

Tidak ada komentar:

Posting Komentar