Senin, 14 Mei 2012

Jogja Travel Mart Bidik Wisatawan Asia-Pasifik

TEMPO.CO , YOGYA  - Jogja Travel Mart, yang akan digelar 31 Mei-2 Juni di Hotel Royal Ambarrukmo, Yogyakarta, berfokus untuk membidik wisatawan negara-negara Asia Tenggara dan Asia-Pasifik. Untuk itu, pelaku wisata dari Daerah Istimewa Yogyakarta mengundang sejumlah buyer potensial dan agen wisata dari Eropa.

"Selain buyer domestik, kami mengundang buyer negara Asia-Pasifik," kata Ketua Asosiasi Tour dan Travel Indonesia DIY, Edwin Ismedi Himna, kemarin.

Ada 120 buyer yang diundang, antara lain dari Malaysia, Singapura, Thailand, Korea, Jepang, Cina, India, dan beberapa negara Eropa. Sedangkan buyer dari dalam negeri berasal dari sejumlah daerah seperti Jakarta, Bali, Surabaya, Makassar, Riau, dan daerah lainnya. Menurut Edwin, yang diundang adalah para buyer potensial.

Gelaran yang ketiga itu juga akan menghadirkan para seller dari perhotelan dan pengelola obyek wisata. "Dibanding tahun lalu, jumlah seller saat ini jauh lebih banyak. Ada 90 seller yang sudah mendaftar," kata Edwin. Dia menambahkan, buyer akan dikenalkan pada Candi Borobudur, keraton, dan lokasi lainnya. Sebagian besar dari mereka merupakan pemain baru yang belum pernah merambah Yogyakarta.

Kepala Dinas Pariwisata DIY, M. Tazbir Abdullah, mengatakan gelaran promosi itu diharapkan mampu menjual obyek wisata di Yogyakarta secara maksimal. Selain itu, objek wisata lainnya sedang dikembangkan, antara lain wisata minat khusus dan wisata alam. "Kami berharap ada kenaikan jumlah wisatawan sebesar 10 persen," katanya.

 

MUH SYAIFULLAH

Read more

Tidak ada komentar:

Posting Komentar