Senin, 14 Mei 2012

Indonesia di Urutan 9 Tujuan Investasi

TEMPO.CO, Jakarta - Indonesia menempati urutan ke sembilan sebagai negara tujuan utama investasi asing langsung (foregn direct investment). Posisi itu masih kalah dibandingkan dengan Vietnam dan Mexico.

 Itu merupakan hasil survei United Nations Conference on Trade and Development (UNCTAD) yang disampaikan oleh Direktur Kerjasama Regional badan Koordinasi Penanamana Modal (BKPM) Rizar Indomo Nazaroedin.

Dalam survei yang dilakukan pada 193 negara itu, dari 2009 hingga 2012 posisi Indonesia tetap berada di nomor sembilan. Sedangkan Vietnam melaju dari urutan ke-11 pada periode 2009-2011 menjadi urutan ke-8 pada 2010-2012. Mexico melonjak dari urutan ke-12 menjadi urutan ke-6. Sementara China tetap bertahan diurutan pertama selama dua peroode berturut-turut.

Meski posisi Indonesia stagnan, di periode 2010-2012, Indonesia berhasil mengalahkan Jerman, Thailand, Australia, Jepang, dan Malaysia. Posisi ini makin diperkuat dengan penyematan investement grade oleh lembaga-lembaga lainnya.

Menurut Deputi Gubernur Bank Indonesia Muliaman Hadad, kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia yang terus membaik ini membuka kesempatan Indonesia untuk terus berkembang. Apalagi dengan penyematan status investement grade oleh Moody's dan Fitch. "Ini menjadi modal dasar sebaik-baiknya," ucapnya.

NUR ALFIYAH
 

Read more

Tidak ada komentar:

Posting Komentar